Menyikapi Pendengki..(1)


Pendengki adalah orang yang tidak suka jika Anda memiliki nikmat dan senang jika orang lain mendapat musibah dengan kata lain “senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang“.

Sebetulnya kedengkian orang kepada Anda tidak akan mencelakakan, menjatuhkan kemuliaan Anda, karena setiap ketentuan sudah diatur oleh Allah SWT, kedengkian orang lain kepada Anda adalah ladang amal untuk Anda.

Ingat , pendengki tidak pernah mendengki pada orang yang gagal, pendengki justru mendengki pada orang yang sukses, jika Anda didengki sebenarnya adalah indikasi bahwa Anda sedang merintis kesuksesan.

Pendengki adalah orang yang merugikan diri sendiri, sehingga Anda tidak perlu terpancing  dengan kedengkiannya  dan melayaninya dengan prilaku yang hina.

Justru dengan kedengkian mereka, mereka yang selalu berupaya berpikir jelek kepada Anda, menjadi bahan evaluasi buat Anda, menjadi ladang pahala sabar untuk menyikapinya bahkan menjadi ladang kemuliaan bagi Anda jika Anda mampu membalas keburukan dengan kemuliaan.

Percayalah sehebat apapun yang dilakukan orang lain kepada Anda, tidak akan menimpa kecuali yang ditetapkan Allah SWT kepada Anda.

Jangan pernah terpancing jika ada orang yang ingin menjatuhkan Anda dengan kedengkianya – mencari tahu tentang rahasia Anda, kejelekan Anda, dan segala macam tentang Anda, bahkan berusaha memfitnah Anda. Tahan, sabar, doakan kebaikan dan teruslah berusaha memperbaiki diri, memohonlah ampunan dari Allah SWT atas dosa yang pernah Anda lakukan.

Bisa jadi apa yang mereka tahu tentang Anda hanya kulit luarnya saja, mereka tidak tahu tentang diri Anda sebenarnya, Allah SWT menyembunyikan sebagian aib-aib kita, apa jadinya jika semua aib itu Allah SWT buka, maka mungkin sebagian besar orang tidak akan menghargai Anda bahkan mungkin menyepelekan Anda karena hinanya diri Anda dihadapan mereka.

Oleha karena itu bersyukurlah jika ada orang yang mendengki dan menghina Anda, karena itu adalah jalan bagi Anda untuk meningkatkan kualitas kesabaran, kemuliaan, kualitas untuk meningkatkan kualitas perbaikan diri Anda, sehingga Anda Fix Performance selalu dihadapan Allah SWT.

Seseorang akan mendapatkan dari apa yang dia lakukan, orang bisa berbuat buruk dan Anda harus berbuat baik, dan kebaikan itulah yang akan kembali kepada Anda. Jangan layani kedengkian dengan kebusukan namun layani dengan kemuliaan dan kebaikan.

Insya Allah, tetaplah berlatih ikhlas dan sabar, Semoga Anda, saya & kita termasuk golongan penyabar dan ikhlas serta bijaksana menyikapi setiap kejadian. Insya Allah.

Leave a comment