HADIAH UNTUK SISWA TERTABAH ( Rangking 39 dari 39 orang)


Sebuah kisah saat pembagian raport.
Tibalah saat dibagikan raport siswa terakhir (karena rangkingnya terakhir (39)).

Guru : Ibu selamat anak Ibu jadi siswa tertabah, dan ini hadiah untuk anak Ibu. ( sambil menyerahkan bingkisan yang dibungkus rapi dengan kertas kado).
Ibu : (Bingung) maksud Ibu bagaimana? bukannya anak saya rangking terakhir??
Guru : Iya anak Ibu memang rangking terakhir tapi menurut saya anak Ibu adalah anak paling tabah dalam belajar. Saat saya beri tugas anak Ibu adalah siswa terakhir yang mengumpul dan nilainya juga paling rendah. Tapi ia berusaha sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas sendiri. Dan saya tersenyum bangga saat itu. Saat ujian anak Ibu juga siswa yang paling terakhir ngumpul dan nilainya juga paling rendah, bahkan pernah nilai ulangan hariannya adalah n0l. Tapi ia tetap setia untuk mengerjakan ujiannya sendiri. dan saya bangga sekali dengan ketabahan anak Ibu. Jadi secara umum barangkali anak Ibu bukan yang paling pintar di kelasnya tapi paling tabah belajar walaupun hasilnya tidak memuaskan tapi kelihatannya anak Ibu senang dengan hasilnya sendiri. Dan Ibu harus bangga karena anak Ibu setia pada kejujuran.
Ibu : (Menangis…)
Guru : Loh kenapa Ibu menangis? apakah saya salah?
Ibu : Saya menyesal karena semua yang Bapak banggakan tentang anak saya adalah apa yang saya keluhkan selama ini. Saat nilai-nilainya rendah saya malah marah-marah saja pada anak saya dan dia hanya diam dan menangis…
saat rangkingnya selalu terakhir saya hanya bisa marah dan dia hanya diam dan menangis…

Mengapresiasi Wahid ‘Zamzam’ Muazam

Leave a Reply

