Resep mengubah pesimis menjadi optimis sehingga kita mampu menjalani kehidupan ini begitu nikmat dan bermakna..


Resep mengubah pesimis menjadi optimis sehingga kita mampu menjalani kehidupan ini begitu nikmat dan bermakna:

  1. Menyadari bahwa tidak ada satu pun permasalahan di dunia ini yang melebihi kekuatan manusia. Orang melihat suatu masalah tidak bisa diselesaikan karena dia berfokus pada masalahnya yang sulit, bukan pada dirinya sendiri yang masih memiliki peluang untuk mengatasi masalah.
  2. Identifikasi akar permasalah yang Anda hadapi saat ini yang membuat Anda menjadi pesimis dan putus asa. Gunakan “5 why” untuk hal ini: mengapa demikian… Tanya lagi, mengapa demikian … Tanya lagi, mengapa demikian … Tanya lagi, hingga 5 kali. Kemungkinan besar Anda akan menemukan akar permasalahannya. Biasanya jika akar permasalahan sudah ditemukan, Anda akan merasa bahwa ternyata masalah yang dihadapi itu ringan dan tidak ada gunanya untuk pesimis dan berputus asa.
  3. Mengubah sudut pandang diri dalam melihat masalah. Sebagai ilustrasi, kata impossible diubah menjadi I’m possible. Selain itu, ada satu istilah yang bisa dipersepsi negative maupun positif, yaitu kata opportunityisnowhere, yang bisa dipersepsi menjadi opportunity is nowhere (kesempatan tidak ada dimana – mana) atau opportunity is now here (kesempatan itu sekarang ada di sini).
  4. Ambil hikmah untuk setiap kejadian dan cari teman bicara untuk memudahkan Anda belajar dari kejadian tersebut. Sekuat mungkin, catatlah setiap hikmah yang bisa Anda gali dari setiap kejadian.
  5. Buka kembali foto – foto atau tayangan video sukses atau kegembiraan masa lalu, dan Anda akan melihat bahwa sesungguhnya Anda mampu dan memiliki potensi untuk melakukan apa yang pernah Anda raih. Anda dulu dan sekarang sebenarnya sama, yang membedakan hanyalah bagaimana Anda berespons terhadap situasi yang terjadi.
  6. Membaca buku – buku motivasi Anda dan menonton tayangan yang membangkitkan semangat hidup Anda. Untuk sementara, kurangi membaca – baca roman picisan dan film – film romantika yang tidak membangkitkan gairah Anda untuk bekerja dan bangkit lagi.
  7. Bergaullah dengan orang- orang yang optimis maka optimis mereka akan menular pada Anda. Untuk sementara waktu, jangan bergaul dengan “apel busuk”, Anda pun akan busuk, jika dimasukan ke dalam satu keranjang yang bagus, perlahan – lahan akan membusukkan semuanya.
  8. Investasikan kembali apa yang menjadi minat Anda dan mulailah dengan melakukan minat/hobi tersebut kembali, sekalipun dengan sedikit enggan. Lama – lama, Anda akan merasakan bahwa mengerjakan sesuatu yang Anda senangi akan membangkitkan motivasi dan kreativitas yang lain dan belum terpikirkan sebelumnya.
  9. Mulailah berolahraga secara teratur. Terkesan sepele, namun dalam tubuh yang sehat setidaknya mendukung kepada jiwa yang sehat. Lakukan mulai dari yang ringan bersama orang terdekat Anda, dan lama – lama jika memungkinkan bergabung dengan orang lain. Anda akan takjub melihat begitu banyak orang yang Anda temui ternyata memiliki masalah yang lebih besar dari Anda, namun mereka bisa melaluinya dengan optimis.
  10.  Tingkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan ibadah Anda. Ilmu psikologi tidak pernah menjanjikan penyelesaian masalah manusia hingga tuntas. Psikologi hanya memberikan kerangka berpikir bagaimana harus menjalaninya. Tidak jarang justru penyelesaian yang ditawarkan psikologi, akhirnya dikembalikan kepada Anda sendiri. Melalui ibadah yang dilakukan, Anda akan menemukan kembali Kitab Suci bawha Sang Khalik adalah jawaban dari setip permasalah kita.

2 Comments (+add yours?)

  1. deco
    Apr 21, 2011 @ 09:27:04

    cakepp mas bro pepen kata-katanya . . .
    I Like it. .

    Reply

  2. ASC
    Apr 28, 2011 @ 07:58:59

    oke terimaksih sedikitnya telah membantu membangkitkan semangat saya kembali…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s