Orang Sombong dan Deodoran


Orang Sombong dan Deodoran

Penyakit sombong itu seperti bau badan.Orang yang punya bau badan (BB) seringkali tidak sadar kalau dirinya punya BB. Dia bisa tenang-tenang saja, sementara orang-orang di sekitarnya kena baunya. Tentunya sangat tidak enak dekat orang BB. Tapi kita ‘kan tidak mungkin berhenti bernapas.

Orang sombong juga sama. Seringkali tidak merasa dirinya sombong. Dia santai-santai saja dengan kesombongannya, sementara orang di kiri-kanannya muak menghadapi ‘BB’nya.

Orang yang bau badan perlu deodoran. Tapi dia harus mau sedikit rendah hati untuk mengakui bahwa dirinya punya BB yang tidak enak, dan mau menerima saran untuk memakai deodoran. Kalau dia gengsi dan malu untuk mengaku, maka BB akan terus ada dan orang-orang pun tidak akan suka mendekat.

Tentunya, bau badan ada penyebabnya. Orang sombong juga pasti ada penyebabnya.Orang yang sombong juga sama. Dia harus sedikit rendah hati untuk mengaku kalau dirinya sombong. Waktu dia sedikit merendahkan hatinya dan mau ‘pakai deodoran’, lama-lama BBnya akan hilang dan orang pun tidak segan-segan mendekat.

Tentunya, bau badan ada penyebabnya. Tidak ada bayi yang lahir dengan BB. Penyebabnya bisa macam-macam. Misalnya, jarang mandi, jorok, karena makanan yang dikonsumsi, atau bisa juga karena suatu penyakit. Makanya ada deodoran, biar orang tidak bau meskipun punya aktifitas seharian.

Orang sombong juga pasti ada penyebabnya. Misalnya, karena dia takut ditolak karena kurang baik atau tidak sebaik yang diharapkannya. Sehingga untuk diterima orang lain dia harus sedikit membual, menyombongkan, dan membesarkan dirinya. Tanpa disadarinya, tindakan itu justru membuat orang menjauh, persis seperti BB.

Yah, sebagai tindakan awal, sudah cukup bila ada kerendahan hati untuk mengakui bahwa dirinya punya BB. Selanjutnya, untuk membeli dan memakai deodorant, itu kembali lagi ke pilihan: Mau tetap punya BB atau jadi wangi?

Mengapreasiasi Ibu Indri Gautama

1 Comment (+add yours?)

  1. Yohannis
    Apr 30, 2011 @ 17:08:44

    memang betul, kesombongan itu seperti Bau badan. orang yang sombong tidak sadar kalau dirinya sombong dan membuat orang lain tidak nyaman. kesombongan juga bersifat kompetetif, tidak mau kalau ada yang lebih dari dirinya. salam. http://www.kotbah.org

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s