Konsep hubungan manusia…


Dalam konsep hubungan manusia, dikenal konsep 3P, yakni penerimaan, persetujuan, dan penghargaan.

Pertama, seseorang akan menyadari potensi dirinya jika keberadaannya di suatu lingkungan diterima secara optimal. Penerimaan dari lingkungan terhadap seseorang ternyata dapat membuat orang tersebut merasa dirinya berharga di tengah lingkungannya.

Menerima seseorang berarti menerima apa adanya tanpa syarat karena demikianlah adanya.

Sang Pencipta menerima kedatangan hamba – Nya dalam doa – doa dan ibadah.

Kalau Sang Khalik sendiri menerima taubat orang jahat sekalipun, mengapa manusia begitu mudah memberikan vonis seumur hidup yang justru semakin menghancurkan masa depannya?

Menerima orang lain dimulai dari penerimaan terhadap dirinya sendiri, menerima kekurangan dan kelemahannya, serta mampu bangkit untuk meraih yang terbaik.

Seseorang akan mampu menerima orang lain pada saat ia mampu bersahabat dengan dirinya sendiri.

Kedua, persetujuan. Kesulitan seseorang adalah langsung menyetujui pendapat orang lain yang berbeda dengan dirinya sendiri. Sekalipun berbeda, mungkin cara terbaikadalah dengan menyetujuinya terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

Prinsip yang digunakan disini adalah prinsip mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Untuk mengelurakan air dari telinga, terlebih dahulu dengan memasukan air ke telinga untuk selanjutnya dikeluiarkan secara bersama – sama.

Keinginan untuk mengubah pendapat orang lain agar sama dengan kita, adalah dengan terlebih dahulu menyetujui apa yang menjadi pendapatnya dan bersama – sama mengarahkannya pada saat yang tepat dan efektif.

Tidak semua orang senang dibantah pendapatnya, tetapi sebagian besar orang senang jika pendapatnya disetujui terlebih dahulu.

Ketiga, penerimaan dan persetujuan akan menghasilkan hubungan antarmanusia yang kuat ketika tiap – tiap orang mampu memberikan penghargaan yang setinggi- tingginya, apa pun keadaannnya.

Itulah sebabnya, manusia  yang menghargai hidup tidak akan jemu-jemunya berbuat kebaikan.

Bahkan, berbuat baik kepada orang yang memusuhi kita sekalipun ibarat kita sudah meletakkan bara api diatas kepala kita sendiri.

Sang Pencipta akan tersenyum bangga terhadap ciptaan-Nya yang saling menghargai dan memuji untuk membangun komunitas manusia yang memiliki moral baik sebagai gambaran cinta Ilahi yang ada dalam dirinya. Selamat memuji orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s