Disiplin…


Masing-masing dari kita dilahirkan dengan dua kecenderungan yang seimbang – yaitu kecenderungan untuk menjadi pribadi yang baik dan kecenderungan untuk menjadi pribadi yang kurang baik.

Pengertian-pengertian mengenai kebaikan ada terselip dan terjahit di dalam pribadi orangtua kita, dan di dalam diri mereka yang berada mengitari kita semasa pertumbuhan kita – yang mempengaruhi perkembangan kita dari lembar-lembar kertas yang kosong, untuk kemudian menjadi buku-buku petunjuk pengoperasian diri – yang namanya karakter itu.

Ada lingkungan yang melatih kita untuk bersikap lebih ramah kepada kebaikan, tetapi ada juga lingkungan yang menyiapkan anak-anak yang suci untuk menjadi pribadi dewasa yang tidak jujur.

Dan yang lebih menyayat hati, adalah pribadi-pribadi baik yang tumbuh dalam pengertian-pengertian yang salah mengenai kebenaran; sehingga tanpa mereka sadari – mereka bekerja keras untuk mencapai kebaikan hidup dengan cara-cara yang menjadikan mereka pribadi baik yang berlaku salah.

Itulah sebabnya, kita sering mendapati pribadi dengan kualitas mesin balap Formula 1 – yang bekerja dengan kesetiaan buta kepada manual operasi sebuah mesin jahit.

Kira-kira, balapan seperti apakah yang akan dimenangkannya?

Tidak semua yang tertulis dalam manual operasi pribadi kita menunjuk kepada pengoperasian pribadi dengan ketepatan dan kelancaran yang prima.

Ada pribadi dengan operating manual – karakter – yang tidak sinambung, yang hilang beberapa halaman petunjuk operasinya, sehingga pribadi itu tidak berfungsi baik dalam beberapa keadaan tertentu atau saat berhadapan dengan pribadi-pribadi yang cara operasinya berbeda.

Standar prosedur pengoperasian kehidupan itu bisa saja tidak lengkap, sudah kedalu-warsa, atau bahkan sudah cacat; tetapi bila sang pribadi meyakininya sebagai yang benar, ia akan mempertahankan karakter yang salah itu dengan kekuatan yang bahkan mungkin lebih besar dari mereka yang benar.

Mohon Anda ingat bahwa

Semua kesalahan dilakukan dengan keyakinan bahwa yang dilakukannya itu benar.

Bila standard operating procedure kita tidak benar, maka akan tidak benarlahlah keputusan-keputusan kita, dan akan tidak tepatlah pencapaian-pencapaian kita. Dan itulah yang menjadikan kita mengeluhkan kualitas dari kehidupan, atau mengeluhkan lambatnya perbaikan dari keadaan yang telah menjadikan kita tertinggal.

Apakah aman untuk kita simpulkan bahwa bila kita sedang tidak benar, kita sebetulnya sedang salah?

Bila ya, maka kehidupan yang benar adalah kehidupan yang secara alamiah tumbuh dari yang menyejahterakan, menjadi yang membahagiakan, dan yang kemudian yang mencemerlangkan.

Dengannya, maka kehidupan yang salah adalah kehidupan yang harus kita tinggalkan untuk mencapai kehidupan yang benar.

Dan semoga semua kehidupan kita adalah setidaknya kehidupan yang belum sepenuhnya benar yang sedang menuju kepada kebenaran yang utuh – yang menjadikan kita kekasih-kekasih Tuhan.

Semua yang kuat tumbuh dari kualitas-kualitas kecil yang diijinkan berkembang dalam keteraturan.

Itu sebabnya, bila Anda ingin membangun kekuatan, bangunlah keteraturan.

Semua hal yang benar, walau sekecil apapun – bila dilakukan secara teratur – akan menjadi sebuah kebenaran yang lebih besar dan berdampak kuat.

Pribadi yang bersungguh-sungguh untuk secara teratur bersikap benar, berpikir benar, dan bertindak benar – tidak perlu lagi meminta sebuah kehidupan yang baik, karena dengannya ia jadi berhak dan pantas untuk hidup dalam sebuah kualitas yang menyejahterakan, yang membahagiakan, dan yang mencemerlangkannya.

Dengannya ia akan menerima dan melaksanakan secara utuh penugasan dari langit untuk memajukan kebaikan dan mencegah terjadinya keburukan kepada saudara-saudaranya.

Dan itu adalah kualitas pencapaian kehidupan yang paling penting.

Pribadi yang bersungguh-sungguh untuk secara teratur berlaku benar, adalah pribadi yang setia kepada yang benar.

Mohon Anda ingat bahwa

Integritas adalah kesetiaan kepada yang benar.

Dengannya,

Integritas adalah disiplin yang paling penting
bagi pencapaian kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecemerlangan karir dan kehidupan pribadi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s