Mengatasi Persoalan Hidup…


Tulisan ini juga adalah materi training yang acapkali kami sampaikan dalam memotivasi setiap orang dalam mengaktualisasikan diri dalam menggapai keberkahan dan tetap berjiwa besar dalam mengatasi persoalan hidup, cekidot gan.. ^_^

Masalah atau personalan hidup merupakan suatu hal yang pasti tidak akan luput dari hidup manusia. Masalah bisa muncul dimana pun, kapan  pun, dalam keadaan apapun. Namun, jika kita cermati dengan seksama, ternyata dari persoalan yang persis sama menimpa seseorang , dapat menimbulkan sikap yang berbeda – beda.

Ada yang begitu panik, goyah, kalut, dan stress. Akan tetapi, ada pula yang menghadapinya secara mantap, tenang, atau malah menikmatinya. Hal ini berarti bahwa persoalan yang sesungguhnya ternyata bukan terletak pada persoalannya, melainkan pada sikap kita terhadap persoalan tersebut.

Oleh karena itu, siapa pun yang ingin menikmati hidup ini dengan baik, benar, indah, lagi bahagia, maka dia harus senantiasa meningkatkan ilmu dan keterampilannya dalam menghadapi aneka persoalan. Pertambahan umur, tuntutan, harapan, kebutuhan, cita – cita serta tanggung jawab, akan meningkatkan kuantitas dan kualitas persoalan pada umumnya.

Berkaitan dengan itu, berikut ini adalah beberapa kiat sederhana dalam menghadapi persoalan hidup.

1. Siap

    Kita harus sadar bahwa kita hanya makhluk yang memiliki sangat banyak keterbatasan untuk mengetahui segala hal yang tidak terjangkau oleh daya nalar dan kemampuan kita. Oleh karenanya, kita harus siap untuk menghadapi segala hal yang cocok maupun tidak cocok dengan keinginan kita.Kita memang diharuskan memiliki keinginan, cita – cita, maupun rencana yang benar dan wajar dalam hidup ini.
    Bahkan, kita sangat dianjurkan untuk gigih ikhtiar mencapai apapun yang terbaik bagi dunia dan akhirat, semaksimal kemampuan yang Allah SWT berikan kepada kita.

    Dalam hidup ini tidak jarang terjadi sesuatu yang di luar jangkauan pikiran kita, diluar dugaan, dan di luar kemampuan kita untuk mencegahnya.

    Andaikata kita selalu terjebak dengan tindakan yang salah dalam menyikapinya, maka jangan heran jika hidup ini penuh dengan kekecewaan, penyesalan, keluh kesah, kedongkolan, dan sebagainya.
    Sungguh rugi! Padahal, kita punya rencana, Allah SWT pun punya rencana dan yang pasti terjadi adalah apa yang menjadi rencana Allah SWT.

    Oleh karena itu, ‘fa idzaa azamta fa tawaqqal alallah‘, bulatkan tekad, sempurnakan ikhtiar namun hati harus tetap menyerahkan segala keputusan terbaik kepada Allah SWT. Siapkan mental kita untuk menerima apa pun yang terbaik menurut ilmu Allah SWT.

    Ingatlah,
    Boleh jadi engkau tidak menyukai sesuatu padahal bagi Allah SWT lebih baik bagimu, dan boleh jadi engkau menyukai sesuatu padahal buruk dalam pandangan Allah SWT.” (QS. Al – Baqarah, 2:216).

Wallahu Alam.. (Bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s