Komitmen…


Banyak yang mengetahui tentang perbuatan baik, namun tidak memiliki kehendak – komitmen untuk melakukan amal kebaikan.

Kita tidak butuh orang yang pandai berkhutbah, dan berceramah, namun orang yang memiliki komitmen dalam melaksanakan apa yang menjadi keyakinannya, apa yang sesuai dengan apa yang diceramahkannya.

Kita butuh para guru, trainer atau pengajar lainnya dan bahkan pemimpin, namun orang yang memiliki komitmen tinggi bagaimana kesesuaian antara perkataan dan perbuatanya

Banyak juga rencana yang menjadi barang usang atau onggokan sampah, bahkan rencana emas sekalipun. Banyak orang telah bertunangan, kemudian gagal, bahkan orang yang telah menikah, kemudian cerai. Semua itu diperlukan komitmen.

Untuk meraih kesuksesan dalam hidup, seorang manusia, siapapun dia, harus memiliki tanggung jawab terhadap apa yang telah ia impikan, cita-citakan, dalam pikiran melalui serangkaian tindakan nyata yang mengarahkan diri pada tujuan.

Orang yang komitmen terhadap segala sesuatu yang dia yakini akan melahirkan tindakan nyata yang mengarahkan diri pada tujuan. Komitmen akan melahirkan kedisiplinan, prestasi dan tanggung jawab. Tanggung jawab utama adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri, sebelum dia memikul tanggung jawab – amanah orang lain.
Melahirkan sebuah komitmen yang besar terhadap pekerjaan besar berawal dari komitmen pada hal-hal kecil tetapi selau terus menerus secara istiqamah, sehingga membentuk kebiasaan baru yang positif.

Komitmen bukanlah sesuatu yang mudah dibentuk, tetapi ia memerlukan keyakinan dan kerja keras, kerja cerdas, kerja kualitas, kerja tuntas, dan ikhlas untuk mewujudkannya.

Bekerja dengan komitmen tinggi akan menghasilkan suatu kualitas dan integritas tinggi. Dari sebuah komitmen akan lahir keteladanan.
Bagi seorang pemimpin dalam organisasi, agar organisasinya berjalan dengan sukses, maka pertama kali ia harus taat dan patuh terhadap apa yang telah disepakati menjadi komitmen bersama, termasuk komitmen terhadap janjinya.

Ya Rabb, lindungilah kami dan berkahilah kami dengan komitmen terhadap perbuatan kebaikan, terhadap janji dan kesepatan pada prinsip diri, dan bimbinglah mulut kami dan hati kami sehingga sesaui antara perkataan dan perbuatan. Aamiin

(to be continue…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s