Manusia makhluk sempurna?

Standard

Jika istilah manusia adalah makhluk sempurna, lantas jika berbuat kesalahan akan dikatakan makhluk sempurna juga?
Kemudian jika berbuat salah, apakah akan beralasan bahwa manusia adalah tempatnya lupa dan dosa?
Lalu dimana letak kesempurnaannya?

Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai macam kelebihan, potensi – kekuatan namun ada orang yang sadar dengan kelebihannya, sadar dengan potensi serta “kesempurnaanya” sehingga ia melakukan optimalisasi, strategi sehingga mampu memaksimalkan kelebihannya sebagai wujudnya syukur dan sabar terhadap karunia – Nya.

Yang mengkawatirkan adalah mereka yang belum tersadar dengan potensinya dan “kesempurnaanya”, akibatnya sombong – merasa sebagai makhluk yang paling sempurna, merasa bahwa dirinya paling benar, merasa bahwa nasihat hanya bagi mereka yang bodoh menurut dirinya. Dia tidak sabar dan bersyukur. Naudzubillah.

Jika hari ini baru tersadar bahwa ternyata kita adalah makhluk sempurna dengan segala kekurangannya, maka waktunya bagi kita untuk menyadarkan diri dengan bersyukur kepada Allah SWT atas segala karunia tak hingga, dan bersabar atas segala ujian kekurangan dan kelebihan yang Allah SWT anugrahkan kepada kita.

Jadi jangan bangga dulu dengan “kesempurnaan” kita jika setiap hari kita tidak menjadi lebih baik, masih berpakaian sombong, iri, dengki, dan tinggi hati.

Yang tepat adalah meski setiap hari kita berbuat kesalahan karena ketidaksempurnaan kita sebagai makhluk sempurna maka tidak ada pilihan untuk menggandeng sekecil apapun kesalahan kita dengan berbuat kebaikan bahkan berbuat yang terbaik, tidak ada waktu lagi sepertinya kita mengagungkan kesempurnaan kita tanpa menegadahkan tangan seraya mengucap syukur dan menundukkan hati sebagai wujud sabar kita kepada Allah SWT. Insya Allah.

About these ads

About pepenhermawan

Creative Designer, Motion graphics artist, 2D-3D Animator, Web designer, Multimedia Designer, Broadcast Designer, Curriculum Development Training-School, Trainer In-Outbound, HRD Consultant, Lecturer, Trainer Matrix Leadership

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s